Jangan Galau Gara-Gara Carroll

Andrew Thomas Carroll jadi pahlawan West Ham United setelah mencetak hat-trick saat The Hammers -julukan West Ham- bertemu Arsenal (9/4).

Tiga golnya sukses menahan gempuran Alex Iwobi dan kolega di Boleyn Ground, yang menurut Sam Allardyce telah mematikan peluang juara klub asuhan Arsene Wenger musim ini.

Sebuah momen indah bagi Carroll, yang kini mengincar tiket pesawat, terbang ke Perancis bersama tim nasional Inggris, tapi apa ia layak masuk skuat Roy Hodgson dan bermain di Euro 2016 ?

Perlu diakui bahwa ada beberapa pemain West Ham United yang layak untuk terbang ke Perancis, Mark Noble dan Aaron Creswell contohnya.

Selalu menjadi pilihan utama Slaven Bilic, dan hanya absen dua kali sepanjang musim ini, menurut data Squawka, hanya Charlie Daniels, Simon Francis, dan Adam Smith dari Bournemouth, bek Inggris yang memiliki performa lebih baik musim ini.

Daniels dan Smith bermain 31 kali seperti Creswell, sedangkan Simon Francis memiliki satu laga lebih banyak (32). Aaron Creswell juga salah satu pemain West Ham United yang paling sering menciptakan peluang. Hanya Dmitri Payet, dan Mark Noble membuat lebih banyak peluang dibanding Creswell.

Mark Noble sendiri merupakan pemain terbaik yang dimiliki Inggris saat ini. Menurut Squawka, hanya Ross Barkley yang tampil lebih baik dibanding Noble.

noble3
Jangan lupakan Noble | PHOTO: Talk Sport

Mark Noble belum pernah mengenakan seragam tim nasional senior bersama Inggris, dan diusianya yang sudah hampir kepala tiga, layak dan sepantasnya Roy Hodgson memberikan tiket Euro 2016 kepada kapten West Ham United ketimbang Danny Drinkwater.

Bukan berarti Drinkwater tidak layak terbang, tapi performa Leicester musim ini lebih bergantung pada Kante dan Albrighton, ex-Manchester United satu itu hanya terbantu oleh penampilan apik rekan-rekannya, sementara Mark Noble merupakan motor West Ham.

Tanpa diragukan lagi, Noble dan Creswell layak terbang ke Perancis, tapi tidak dengan Andy Carroll. Mantan striker Newcastle United itu merupakan pemain favorit Sam Allardyce, tinggi, besar, dan hebat di udara.

Semenjak pindah ke West Ham, Carroll dapat menunjukkan kualitasnya yang sempat hilang di Liverpool, tapi ia bukanlah sosok tepat untuk Inggris.

Melihat skuat terakhir Inggris saat uji coba melawan Jerman dan Belanda, Roy Hodgson membentuk The Three Lions -julukan tim nasional Inggris- baru.

Tim yang akan mengandalkan bola-bola datar dan cepat untuk menghidupi Kane, Vardy, dan Welbeck. Mereka bukan lagi tim yang menggunakan umpan tinggi untuk menciptakan gol. Bukan lagi era Crouch-Heskey pada 2010!

_69291679_lambert_getty
Lambert sempat merasakan Inggris baru | PHOTO: BBC

Carroll musim ini sudah mencetak tujuh gol, lima ia sarangkan dengan kepala, dan tiga diantaranya baru dicetak pekan lalu kala menjamu Arsenal.

Carroll mungkin bisa dijadikan cadangan untuk tim nasional, andai Inggris gagal mencetak gol selama 80 menit di pertandingan, Big Andy bisa masuk untuk menguasai udara, tapi itu sikap sebuah tim yang depresi.

Melalui Vardy, Kane, Sturridge, dan Welbeck, Inggris bisa memainkan umpan-umpan terobosan, bola cepat dan pendek untuk mendobrak pertahanan lawan.

Sistem ini sudah digunakan Hodgson sejak 2014, dan meski Inggris gagal lolos grup setelah hasil terbaik mereka hanyalah imbang melawan Kosta Rika, dari tiga pertandingan, semua peluang dan gol Inggris tercipta lewat permainan bola datar.

Saat itu, Hodgson mengandalkan Sturridge, Welbeck, Rooney, dan Lambert sebagai juru gedor Inggris. Susunan tersebut nampaknya tidak akan banyak berubah dengan Vardy dan Kane menggantikan Lambert, sementara Rooney didaftarkan sebagai gelandang, andai ia sembuh tepat waktu.

Watford+v+West+Ham+United+Premier+League+oUjrz8kUxp3l
Lebih cocok ketimbang Carroll | PHOTO: Zimbio

Semua telah tertata rapi, Kane dan Vardy bisa mempercantik permainan kaki ke kaki Inggris dengan Alli dan Noble di lini tengah.

Bahkan sebenarnya, Sturridge juga tidak layak untuk tampil di Perancis, Juni nanti. Ia lebih banyak menghabiskan musim ini di meja operasi ketimbang lapangan.

Nama Deeney dari Watford bisa jadi pilihan andai kata Hodgson ingin meninggalkan Sturridge. Kurang pengalaman ? Ada Jermaine Defoe dari Sunderland, tapi perlu diingat striker 33 tahun tersebut sering kesulitan menjaga bola, dan itu bisa jadi masalah untuk Inggris.

Bagaimanapun Hodgson akan merancik lini serangnya di Perancis nanti, satu hal yang pasti ia harus menjaga gaya permainan Inggris, dan banyak pilihan lain dengan jumlah penampilan, gol, dan atribut lebih baik ketimbang Andy Carroll. Jadi jangan galau gara-gara Carroll!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s