5 Cerita Dibalik Undian Semi-Final UCL & UEL 2016

http://a.espncdn.com/combiner/i/?img=/media/motion/ESPNi/2016/0408/int_160408_net_fc_hiddink_on_conte_chelsea/int_160408_net_fc_hiddink_on_conte_chelsea.jpg&w=738&site=espnfc

Babak semi-final UEFA Champions League (UCL) dan Europa League (UEL) telah ditentukan sore hari tadi (15/4). Pada turnamen UCL, Manchester City akan bertemu Real Madrid, dan Atletico Madrid berhadapan dengan Bayern Muenchen. Sementara untuk UEL, Liverpool bentrok melawan Villarreal, dan Shakhtar Donetsk dijodohkan dengan juara bertahan, Sevilla.

Rangkaian laga menarik dan juga besar mengingat kedua turnamen ini adalah ajang untuk klub-klub terbaik di Benua Biru, tapi apa saja sebenarnya bumbu-bumbu cerita yang dapat membuat pertandingan semi-final Champions atau Europa League tahun ini semakin pedas ?

Berikut lima cerita dibalik hasil undian semi-final UCL & UEL 2015/16:

5. Uji Coba Aguero ?

Agueo_s_top_ten_go_2589349n
Aguero tak miliki klausal anti-Real | PHOTO: The Sun

Masih ingat bagaimana final UCL 2006 menjadi sebuah ujian untuk penyerang favorit Arsenal, Thierry Henry sebelum ia bergabung ke FC Barcelona ?

Hal itu nampaknya juga bisa terjadi saat Manchester City bertemu dengan Real Madrid di semi-final UCL kali ini.

Ketertarikan Real Madrid pada mantan pemain Atletico ini sudah cukup lama terdengar, dan berkat info Football Leaks, hal itu bisa terealisasikan.

Saat Real Madrid ingin memboyong Sergio Aguero ke Bernabeu pada 2013, banyak media seperti Tribal Football yang melaporkan bahwa menantu Diego Maradona itu dilarang untuk pindah ke rival sekota Atletico. Klausal anti-Real Madrid kabarnya tertera dalam perjanjian Atletico dengan Manchester City.

Namun Football Leaks yang fokus dalam pembeberan detil dan nilai kontrak pemain, mengatakan hal berbeda. Tak ada klausal tersebut di kontrak Aguero.

Aguero kini diyakini dapat hengkang ke Real Madrid, tapi sebelumnya, ia harus meyakinkan Zidane. Apakah dirinya merupakan sosok tepat untuk bermain di bawah arahan mantan kapten Perancis ?

Jika hal ini terjadi, Sergio Aguero akan menjadi pemain kedua yang dikirim Manchester City ke Real Madrid setelah masa pinjaman Emannuel Adebayor pada 2011.

4. Kisah Cinderella di Dalam Kapal Selam

02-spain-28
Mesin Kapal Selam terus panas | PHOTO: ISF

Berkat kemenangan dramatis melawan mantan timnya, Juergen Klopp sukses mengantarkan Liverpool ke semi-final. Klopp sukses jadikan The Reds -julukan Liverpool- unggulan ajang ini, tapi The Yellow Submarines -julukan Villarreal- juga bukan lawan sembarangan.

Mereka memang sudah biasa dipandang sebelah mata, dan terus menganggu pikiran orang-orang yang meragukan Kapal Selam Kuning. Tanyakan saja hal itu pada fans Valencia.

Hal serupa juga terjadi dalam beberapa musim terakhir mereka, setelah lolos ke semi-final UCL 2005/06, akhiri musim di posisi dua La Liga 2007/08 dengan keunggulan 10 poin dari FC Barcelona, Villarreal terkena musibah.

Pada 2012 Villarreal turun dari La Liga, dan manajer baru yang ditunjuk untuk mengarahkan mereka di Liga Adelante, divisi dua Spanyol, Manolo Preciado, meninggal dunia karena serangan jantung.

Untungnya hal itu tidak mematikan mesin Kapal Selam Kuning, Villarreal berhasil promosi dari Liga Adelante sebagai juara dua, mengakhiri musim 2013/14 La Liga di posisi enam, mendapat tiket turnamen kontinental, dan mempertahankannya pada kampanye berikutnya (2014/15).

Kini mereka kembali menembus semi-final UEL untuk ketiga kalinya setelah 2003/04 dan 2010/11.

Momentum terus berjalan secara stabil dengan dorongan Cedric Bakambu sebagai satu-satunya calon topskorer UEL yang masih bertahan di turnamen. Sebuah kisah Cinderella di dalam kapal selam, tapi kapankah lonceng mulai berbunyi bagi Roberto Soldado, Jonathan dos Santos, dan kawan-kawan ?

3. Kenangan Palop

9640293
Palop Hantui Shakhtar | PHOTO: Bayer 04

Pertemuan antara Shakhtar Donetsk dengan Sevilla membawa kembali kenangan klasik para penikmat sepak bola.

Sembilan tahun lalu, UEFA Cup 2007, Sevilla FC ditahan imbang 2-2 oleh Shakhtar Donetsk pada leg pertama. Laga kedua di Ukraina-pun menjadi krusial bagi juara bertahan.

Bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Matuzalem sukses membawa Shakhtar unggul pada awal paruh kedua.

Tak lama kemudian, Maresca kembali menyamakan kedudukan untuk aggregat 3-3. Shakhtar Donetsk masih memegang kendali berkat gol tandang, lalu saat pertandingan memasuki menit-menit penutupan, Elano yang datang sebagai pemain pengganti di pertengahan babak kedua mencetak gol untuk mengunci kemenangan Shakhtar Donetsk.

Setidaknya itu yang terlihat, dan muncul dipikiran.

Memasuki injury time, Andres Palop mulai melakukan lari-lari kecil menjauhi gawangnya selagi Sevilla menyerang. Serangan Sevilla itu akhirnya berbuah sepak pojok, dan Andres Palop berlari ke kotak penalti, Dani Alves mengirim umpan dari bendera kanan, Sang Kiper berdiri bebas…

GOL!!!

Kedudukan kembali imbang 2-2 melalui kesempatan terakhir di waktu normal!

Memaksa perpanjangan. Sevilla berbalik unggul lewat gol Chevanton, melaju ke delapan besar, dan berhasil mempertahankan gelar juara mereka.

2. Anti Bertemu Aktor

download
Pellegrini tidak suka pengaruh Perez | PHOTO: ESPN FC

Manuel Pellegrini memiliki nama Real Madrid di resume pekerjaannya. Klub impian yang dibenci oleh Pria asal Chile ini.

Ia mengaku kesal dengan kebijakan Presiden Real Madrid, Florentino Perez yang membeli pemain bintang, terbaik dunia, tapi tidak sesuai kebutuhan.

Galacticos Policy“.

Jonathan Liew dari Telegraph sempat mengutip pengakuan Pellegrini dalam tulisannya terkait isu ketetarikan Chelsea pada pria satu ini pada 2013.

“Tidak baik memiliki sebuah orkestra dengan 10 gitaris, dan tidak memiliki pianis.”, Katanya. Menurut Pellegrini, Real Madrid yang dibentuk Florentino Perez kala ia melatih hanyalah sebuah orkestra gendut dan berlubang.

Ia juga mengatakan bahwa pemain-pemain yang diinginkannya untuk menetap justru dijual oleh Sang Presiden.

Pellegrini senang membangun timnya sendiri, hal itu terlihat di Villarreal yang tidak memiliki kekuatan ekonomi, dan kebalikannya, Manchester City.

Kini, ia harus berhadapan dengan Zinedine Zidane, mantan punggawa Los Galacticos, yang kini melatih Real Madrid dan terikat dalam “Galacticos Policy” milik Florentino Perez.

Tak ada waktu yang lebih tepat dibandingkan pertandingan ini untuk Manuel Pellegrini ataupun Perez untuk membuktikan kebijakan siapakah yang terbaik?

Kumpulan gugusan bintang, atau orkestra lengkap yang tak kelebihan personil dalam instrumennya ?

1. Menentukan Pikiran Chelsea

download (1)
Skenario di bawah mustahil, lupakan | PHOTO: ESPN FC

Pep Guardiola dan Diego Simeone tentu merupakan dua pelatih terbaik yang dimiliki dunia sepak bola saat ini.

Bukan dua teratas, tapi mereka ada dijajaran terbaik.  Memiliki pengakuan dunia, keduanya sempat diminati oleh klub asal Inggris, Chelsea, sebelum memutuskan pilihan pada Conte.

Namun ada satu hal unik yang diangkat berbagai media saat dua nama ini menjadi incaran The Blues -julukan Chelsea-, kabarnya akan lebih memilih Simeone dibanding Guardiola, meskipun jika Pep sedang menganggur.

“Simeone lebih baik dibanding Pep” menjadi topik utama mereka. Sebuah hal aneh jika kita melihat rekor dan raihan piala kedua sosok tersebut, tapi jika menyandingkannya dengan Chelsea, Simeone memang terlihat cocok.

Permainan displin, agresif, dan menitik-beratkan pada sektor pertahanan, nahkoda Atletico Madrid sangatlah mirip dengan manajer favorit Chelsea:

Jose Mourinho.

Ya, rumor Pep ataupun Simeone ke Chelsea sudah menjadi sampah. Mereka telah memilih Conte yang turun dari tim nasional Italia usai Euro 2016, tapi sampah sekalipun masih bisa didaur ulang atau dikilokan menjadi uang.

6 April 2016, Conte terjerat kasus pengaturan pertandingan Serie B -divisi dua Italia- dan terancam kurungan penjara selama enam bulan.

Ia baru akan mengetahui putusan pengadilan pada pertengahan Mei. Berarti, jika Conte dinyatakan bersalah, ia akan absen hingga November 2016.

Saat itu kompetisi 2016/17 sudah akan berjalan selama tiga atau empat bulan, dan Chelsea belum memiliki opsi cadangan.

Pada hari di mana berita pengaturan skor Conte turun ke publik, The Blues mengatakan bahwa hal tersebut tak akan mempengaruhi perjanjiannya dengan mantan manajer Juventus.

Namun, melihat catatan sejarah dan rekor seorang Roman Abramovic, bukan tidak mungkin ia kembali mencari nahkoda.

Pep dan Simeone.

Pep Guardiola sudah menandatangani kontrak dengan Manchester City, tapi masih ada unsur pembuktian di laga ini. Apakah pandangan Chelsea benar ?

Pertandingan ini bisa menjadi salah satu daya ukur pengusaha asal Russia tersebut sebelum mengambil keputusan terkait masa depan klubnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s